BAB HAID, NIFAS DAN ISTIHADLAH DAN HARAM BAGI ORANG BERHADAS BESAR (HADAS)

UNIVERSITAS ISLAM DUNIA 
12 Pebruari 2021
Ditulis 0leh Walid Blang Jruen

mengenai sesuatu yang terdapat pada perempuan dan cara menjalan kannya serta

 cara membersihkannya artinya bersuci menurut syara' agar dalam mengerjakan ibadah tepat pada sasarannya sesuai perintah syara'  

الملخص

مناقشة قانون دم المرأة ، أي الحيض والنفاس والاستحاضة ، مادة تحتاج حقًا للمناقشة لأن هذا النقاش مفيد جدًا وغالبًا ما تسأله النساء (حواء). وهناك من يعتقد أن الحديث عن دم المرأة هو الأصعب من حيث الفقه. والحيض والنفاس والاستحاضة من الطبيعة التي تُمنح للمرأة ، حتى يكون هذا الحديث مفيدًا جدًا للمرأة ، فلا ينبغي لكل امرأة أن تكون غبية في هذا الأمر. وهذه الحالة تؤثر على صحة العبادة لأنها مرتبطة بحرمة الحداس والنجس. تهدف كتابة هذه المقالة إلى تزويد القراء بفهم ومعرفة أوسع فيما يتعلق بالحيض والنفاس والاستحياء. في كتابة هذا المقال ، يصف المؤلف ويشرح الأمور المتعلقة بالحيض والنفاس والاستحياء ، مما يسهل على القراء فهمها. حتى تتمكن من تنفيذه في الحياة اليومية. أما تقنية الكتابة هذه لوليد بلانج جروين من خلال التنقيب في الكتاب المقدس البجوري وعدة مصادر أخرى معنية بمراجعة الأدبيات حول الحيض والنفاس والاستحاضة وفقًا للفقه الصيفية.

ABSTRAK

Membahas mengenai hukum darah perempuan yaitu haid,nifas dan istihadhah, adalah materi yang sangat perlu dibahas karena pembahasan ini sangat bermanfaat dan sering ditanyakan oleh kaum perempuan(hawa). Pembahasan tentang darah perempuan ini pun, ada yang menganggap bahwa pembahasan yang paling sulit dalam hal fiqih. Haid,nifas , dan istihadhah adalah kodrat yang dianugerahkan kepada kaum hawa sehingga pembahasan ini sangat bermanfaat bagi kaum hawa, bahwa setiap perempuan tidak boleh bodoh dalam masalah ini. Perkara ini berpengaruh kepada sah tidaknya sebuah ibadah karena berhubungan dengan suci dari hadats dan najis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keilmuan yang lebih luas kepada pembaca mengenai haid,nifas ,dan istihadhah . Dalam penulisan artikel ini, penulis memaparkan dan menejelaskan hal-hal yang berhubungan dengan haid,nifas dan  istihadhah,  secara sistematis yang akan memudahkan pembaca dalam memahaminya. Sehingga dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun teknik penulisan ini 0leh Walid Blang Jruen dengan menggali didalam Alkitab Albajuri dan beberapa sumber lainnya yang bersangkutan dengan kajian literatur mengenai haid, nifas dan istihadha sesuai dengan fiqh syafi'iyah 

(فَصْلٌ)

 فِيْ بَيَانِ أَحْكَامِ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ وَالْاِسْتِحَاضَةِ(وَيَخْرُجُ مِنَ الْفَرْجِ ثَلَاثَةُ دِمَاءٍ دَمُ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ وَالْاِسْتِحَاضَةِ.

(Fashal) menjelaskan hukum-hukum haidh, nifas dan istihadlah. Ada tiga macam darah keluar dari vagina perempuan, yaitu darah haidh, nifas dan istihadlah.

Haidh adalahdarah yang keluar dari vagina wanita pada usia haidh, yaitu usia sembilan tahun atau lebih, dalam keadaan sehat, yaitu tidak karena sakit akan tetapi pada batas kewajaran, bukan karena melahirkan

(فَالْحَيْضُ هُوَ) الدَّمُ (الْخَارِجُ) فِيْ سِنِّ الْحَيْضِ وَهُوَ تِسْعُ سِنِيْنَ فَأَكْثَرَ (مِنْ فَرْجِ الْمَرْأَةِ عَلَى سَبِيْلِ الصِّحَةِ) أَيْ لَا لِعِلَّةٍ بَلْ لِلْجِبِلَّةِ (مِنْ غَيْرِ سَبِيْلِ الْوِلَادَةِ)

 

Ucapan mushannif “dan berwarna hitam, terasa panas dan menyakitkan” tidak terdapat di kebanyakan redaksi matan. Dalam kitab as Shahhah terdapat keterangan “darah sangat panas, warnanya sangat merah hinggah berwarna hitam, api membakarnya hinggah api tersebut membakarnya”.

وَقَوْلُهُ (وَلَوْنُهُ أَسْوَدُ مُحْتَدِمٌ لَذَّاعٌ) لَيْسَ فِيْ أَكْثَرِ نُسَخِ الْمَتْنِ وَفِي الصَّحَاحِ احْتَدَمَ دَمٌ اشْتَدَّتْ حُمْرَتُهُ حَتَّى اسْوَدَّ وَلَذَعَتْهُ النَّارُ حَتَّى اح



Nifas adalah darah yang keluar dari vagina perempuan setelah melahirkan.

(وَالنِّفَاسُ هُوَ) الدَّمُ (الْخَارِجُ عَقِيْبَ الْوِلَادَةِ)

Sehingga darah yang keluar bersamaan dengan bayi atau sebelumnya, maka tidak disebut darah nifas.

فَالْخَارِجُ مَعَ الْوَلَدِ أَوْ قَبْلَهُ لَا يُسَمَّى نِفَاسًا

Penambahan huruf ya’ di dalam lafadz “’aqibin” adalah bentuk bahasa yang sedikit terlaku, sedangkan yang lebih banyak adalah membuang huruf ya’.

وَزِيَادَةُ الْيَاءِ فِيْ عَقِيْبِ لُغَةٌ قَلِيْلَةٌ وَالْأَكْثَرُ حَذْفُهَ


Istihadlah, yaitu darah istihadlah adalah darah yang keluar dari vagina perempuan di selain hari-hari keluarnya darah haidl dan nifas, bukan dalam keadaan sehat.

(وَالْاِسْتِحَاضَةُ) أَيْ دَمُّهَا (هُوَ) الدَّمُّ (الْخَارِجُ فِيْ غَيْرِ أَيَّامِ الْحَيْضِ وَالنِّفَاسِ) لَا عَلَى سَبِيْلِ الصِّحَةِ


Minimal masa haidl adalah sehari semalam, maksudnya kadar sehari semalam, yaitu dua puluh empat jam secara bersambung yang biasa -tidak harus darah keluar dengan deras- di dalam haidh.

(وَأَقَلُّ الْحَيْضِ) زَمَنًا (يَوْمٌ وَلَيْلَةٌ) أَيْ مِقْدَارُ ذَلِكَ وَهُوَ أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُوْنَ سَاعَةً عَلَى الْاِتَّصَالِ الْمُعْتَادِ فِيْ الْحَيْضِ

 

Maksimal masa haidl adalah lima belas hari lima belas malam.

(وَأَكْثَرُهُ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا) بِلَيَالِيْهَا

 

Jika darah keluar melebihi masa di atas, maka disebut dengan darah istihadlah.

فَإِنْ زَادَ عَلَيْهَا فَهُوَ اسْتِحَاضَةٌ 

 

Masa keluarnya darah haidh yang sering terjadi adalah enam atau tujuh hari. Yang dibuat pegangan dalam hal ini adalah riset / penelitian.

(وَغَالِبُهُ سِتٌّ أَوْ سَبْعٌ) وَالْمُعْتَمَدُ فِيْ ذَلِكَ الْإِسْتِقْرَاءِ


Minimal masa nifas adalah lahdhah (sebentar). Yang dikehendaki dengan lahdhah adalah masa sebentar. Dan awal masa nifas terhitung sejak keluarnya seluruh badan bayi.

(وَأَقَلُّ النِّفَاسِ لَحْظَةٌ) وَأُرِيْدَ بِهَا زَمَنٌ يَسِيْرٌ وَابْتِدَاءُ النِّفَاسِ مِنِ انْفِصَالِ الْوَلَدِ

Maksimal masa nifas adalah enam puluh hari. Dan yang lumrah adalah empat puluh hari. Yang dibuat pegangan dalam semua itu juga penelitian.

(وَأَكْثَرُهُ سِتُّوْنَ يَوْمًا وَغَالِبُهُ أّرْبَعُوْنَ يَوْمًا) وَالْمُعْتَمَدُ فِيْ ذَلِكَ الْاِسْتِقْرَاءِ أَيْضًا.

Masa Suci

Minimal masa suci yang memisahkan di antara dua haidl adalah lima belas hari.

(وَأَقَلُّ الطُّهْرِ) الْفَاصِلِ (بَيْنَ الْحَيْضَتَيْنِ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا)

 

Dengan perkataannya “pemisah di antara dua haidl”, mushannif mengecualikan masa pemisah di antara haidl dan nifas, ketika kita berpendapat dengan qaul al Ashah yang mengatakan bahwa sesungguhnya wanita hamil bisa mengeluarkan darah haidl. Karena sesungguhnya masa suci yang memisahkan haidl dan nifas bisa kurang dari lima belas hari.

وَاخَتَرَزَ الْمُصَنِّفُ بِقَوْلِهِ بَيْنَ الْحَيْضَتَيْنِ عَنِ الْفَاصِلِ بَيْنَ حَيْضٍ وَنِفَاسٍ إِذَا قُلْنَا بِالْأَصَحِّ إِنَّ الْحَامِلَ تَحِيْضُ فَإِنَّهُ يَجُوْزُ أَنْ يَكُوْنَ دُوْنَ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا

 

Tidak ada batas maksimal masa suci. Karena terkadang ada seorang wanita yang seumur hidup tidak pernah mengeluarkan darah haidh.

(وَلَا حَدَّ لِأَكْثَرِهِ) أَيِ الطُّهْرِ فَقَدْ تَمْكُثُ الْمَرْأَةُ دَهْرَهَا بِلَا حَيْضٍ

 

Adapun lumrahnya masa suci disesuaikan dengan lumrahnya masa haidh. Jika masa haidlnya lumrah enam hari, maka masa sucinya dua puluh empat hari. Atau masa haidlnya lumrah tujuh hari, maka masa sucinya tiga belas hari.

أَمَّا غَالِبُ الطُّهْرِ فَيُعْتَبَرُ بِغَالِبِ الْحَيْضِ فَإِنْ كَانَ الْحَيْضُ سِتًّا فَالطُّهْرُ أَرْبَعٌ وَعِشْرُوْنَ يَوْمًا أَوْ كَانَ الْحَيْضُ سَبْعًا فَالطُّهْرُ ثَلَاثَةَ عَشَرَ يَوْمًا 


Minimal usia seorang wanita bisa mengeluarkan darah haidh adalah sembilan tahun hijriyah / qamariyah. Dalam sebagian redaksi mengguna kan bahasa “al jariyah (wanita)”.

(وَأَقَلُّ زَمَنٍ تَحِيْضُ فِيْهِ الْمَرْأَةُ) وَفِيْ بَعْضِ النُّسَخِ الْجَارِيَةُ (تِسْعُ سِنِيْنَ) قَمَرِيَّةٍ

 

Sehingga, kalau ada seorang wanita yang melihat keluar darah sebelum sempurnanya usia sembilan tahun dengan selisih masa yang tidak cukup untuk masa minimal suci dan minimal haidh (sembilan tahun kurang 16 hari kurang sedikit), maka darah tersebut adalah darah haidh. Jika tidak demikian, maka bukan darah haidh.

فَلَوْ رَأَتْهُ قَبْلَ تَمَامِ التِّسْعِ بِزَمَنٍ يَضِيْقُ عَنْ حَيْضٍ وَطُهْرٍ فَهُوَ حَيْضٌ وَإِلَّا فَلاَ

 



Minimal masa hamil adalah enam bulan lebih lahdhatain (dua masa sebentar) -waktu untuk jima’ dan melahirkan-.

(وَأَقَلُّ الْحَمْلِ) زَمَنًا (سِتَّةُ أَشْهُرٍ) وَلَحْظَتَانِ

Maksimal masa hamil adalah empat tahun. Masa hamil yang biasa terjadi adalah sembilan bulan. Yang dibuat pedoman dalam hal ini adalah kejadian nyata.

(وَأَكْثَرُهُ) زَمَنًا (أَرْبَعُ سِنِيْنَ وَغَالِبُهُ) زَمَنًا (تِسْعَةُ أَشْهُرٍ) وَالْمُعْتَمَدُ فِيْ ذَلِكَ الْوُجُوْدُ

HAL-HAL YANG DIHARAMKAN SEBAB HAIDL DAN NIFAS

Ada delapan perkara yang haram sebab haidh dan nifas. Dalam sebagian redaksi diungkapkan dengan bahasa “ada delapan perkara yang haram bagi wanita haidh”.

(وَيَحْرُمُ بِالْحَيْضِ وَالنِّفَاسٍ) وَفِيْ بَعْضِ النُّسَخِ وَيَحْرُمُ عَلَى الْحَائِضِ (ثَمَانِيَةُ أَشْيَاءَ)

Salah satunya adalah shalat fardlu atau sunnah. Begitu juga sujud tilawah dan sujud syukur.

أَحَدُهَا (الصَّلَاةُ) فَرْضًا أَوْ نَفْلًا وَكَذَا سَجْدَةُ التِّلَاوَةِ وَالشُّكْرِ

Yang kedua adalah puasa fardlu atau sunnah.

(وَ) الثَّانِيَ (الصَّوْمُ) فَرْضًا أَوْ نَفْلًا

yang ketiga adalah membaca Al Qur’an. Dan yang ke empat adalah memegang mushaf. Mushaf adalah nama benda yang bertuliskan firman Allah Swt di antara dua tepi. Dan haram membawa mushaf kecuali jika ia khawatir terhadapnya.

(وَ) الثَّالِثُ (قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ وَ) الرَّابِعُ (مَسُّ الْمُصْحًفِ) وَهُوَ اسْمٌ لِلْمَكْتُوْبِ مِنْ كَلَامِ اللهِ تَعَالَى بَيْنَ الدَّفْتَيْنِ (وَحَمْلُهُ) إِلَّا إِذَا خَافَتْ عَلَيْهِ

Yang kelima adalah masuk masjid bagi wanita haidh jika khawatir mengotorinya.

(وَ) الْخَامِسُ (دُخُولُ الْمَسْجِدِ) لِلْحَائِضِ إِنْ خَافَتْ تَلْوِيْثَهُ

Yang ke enam adalah thawaf fardhu atau sunnah.

(وَ) السَّادِسُ (الطَّوَافُ) فَرْضًا أَوْ نَفْلًا

Yang ke tujuh adalah wathi’ / bersenggama. Bagi orang yang wathi’ di waktu darah keluar deras, maka disunnahkan bersedekah satu dinar. Dan bagi orang yang wathi’ di waktu darah keluar tidak deras, maka disunnahkan bersedekah setengah dinar.

(وَ) السَّابِعُ (الْوَطْءُ) وَيُسَنُّ لِمَنْ وَطِئَ فِيْ إِقْبَالِ الدَّمِّ التَّصَدُّقُ بِدِيْنَارٍ وَلِمَنْ وَطِئَ فِيْ إِدْبَارِهِ التَّصَدُّقُ بِنِصْفِ دِيْنًارٍ

Yang ke delapan adalah bersenang-senang dengan anggota wanita haidl yang berada di antara pusar dan lutut.

(وَ) الثَّامِنُ (الْاِسْتِمْتَاعُ بِمَا بَيْنَ السُّرَّةِ وَالرُّكْبَةِ) مِنَ الْمَرْأَةِ

Sehingga tidak haram bersenang-senang pada pusar dan lutut, dan pada anggota selain keduanya menurut qaul yang dipilih di dalam kitab syarh al Muhadzdzab.

فَلَا يَحْرُمُ الْاِسْتِمْتَاعُ بِهِمَا وَلَا بِمَا فَوْقَهُمَا عَلَى الْمُخْتَارِ فِيْ شَرْحِ الْمُهَذَّبِ

Kemudian mushannif menjelaskan keterangan yang seharusnya lebih tepat dijelaskan di bab sebelumnya, yaitu fasal “hal-hal yang mewajibkan mandi”.

ثُمَّ اسْتَطْرَدَ الْمُصَنِّفُ لِذِكْرِ مَا حَقُّهُ أَنْ يُذْكَرَ فِيْمَا سَبَقَ فِيْ فَصْلِ مُوْجِبِ الْغُسْلِ

HAL-HAL YANG HARAM BAGI ORANG JUNUB

Beliau berkata, “ada lima perkara yang haram bagi orang yang junub”.

فَقَالَ[1] (وَيَحْرُمُ عَلَى الْجُنُبِ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ:)

Salah satunya adalah sholat fardlu atau sunnah.

أَحَدُهَا (الصَّلَاةُ) فَرْضًا أَوْ نَفْلًا

Yang kedua adalah membaca Al Qur’an, maksudnya yang tidak dinusakh, baik satu ayat atau satu huruf, baik pelan-pelan ataupun keras.

(وَ) الثَّانِيْ (قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ) أَيْ غَيْرِ مَنْسُوْخِ التِّلَاوَةِ آيَةً كَانَ أَوْ حَرْفًا سِرًّا أَوْ جَهْرًا

Dikecualikan dengan Al Qur’an, yaitu kitab Taurat dan Injil.

وَخَرَجَ بِالْقُرْآنِ التَّوْرَاةُ وَالْإِنْجِيْلُ

Adapun dzikiran yang terdapat di dalam Al Qur’an, maka halal dibaca tidak dengan tujuan membaca Al Qur’an.

أَمَّا أَذْكَارُ الْقُرْآنِ فَتَحِلُّ لَا بِقَصْدِ قُرْآنٍ

Yang ketiga adalah menyentuh mushaf, dan terlebih membawanya.

(وَ) الثَّالِثُ (مَسُّ الْمُصْحَفِ وَحَمْلُهُ) مِنْ بَابِ أَوْلَى

Yang ke empat adalah thowaf fardlu atau sunnah.

(وَ) الرَّابِعُ (الطَّوَافُ) فَرْضًا أَوْ نَفْلًا

Yang ke lima adalah berdiam diri di masjid bagi orang junub yang muslim.

(وَ) الْخَامِسُ (الْلُبْثُ فِيْ الْمَسْجِد ِ) لِجُنُبٍ مُسْلِمٍ

Kecuali karena darurat, seperti orang yang mimpi keluar sperma di dalam masjid dan dia sulit keluar dari masjid karena khawatir pada diri atau hartanya

إِلَّا لِضَرُوْرُةٍ كَمَنِ احْتَلَمَ فِيْ الْمَسْجِدِ وَتَعَذَّرَ عَلَيْهِ خُرُوْجُهُ مِنْهُ لِخَوْفٍ عَلَى نَفْسِهِ أَوْ مَالِهِ

Adapun lewat di dalam masjid tanpa berdiam diri, maka hukumnya tidak haram, bahkan tidak makruh bagi orang junub menurut pendapat al Ashah.

أَمَّا عُبُوْرُ الْمَسْجِدِ مَارًّا بِهِ مِنْ غَيْرِ مُكْثٍ فَلَا يَحْرُمُ بَلْ وَلَا يُكْرَهُ فِي الْأَصَحِّ

Mondar mandir di dalam masjid yang dilakukan orang yang junub itu seperti berdiam diri di dalam masjid.

وَتَرَدُّدُ الْجُنُبِ فِي الْمَسْجِدِ بِمَنْزِلَةِ الْلُبْثِ

Di kecualikan dengan masjid yaitu madrasah-madrasah dan pondok-pondok.

وَخَرَجَ بِالْمَسْجِدِ الْمَدَارِسُ وَالرُّبُطُ.

HAL-HAL YANG HARAM BAGI ORANG YANG BERHADATS KECIL

Kemudian mushannif juga istithrad dari menjelaskan hukum-hukum hadats besar pada hukum-hukum hadats kecil.

ثُمَّ اسْتَطْرَدَ الْمُصَنِّفُ أَيْضًا مِنْ أَحْكَامِ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ إِلَى أَحْكَامِ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ

Beliau berkata, haram bagi orang yang memiliki hadats untuk melakukan tiga perkara.

فَقَالَ (وَيَحْرُمُ عَلَى الْمٌحْدِثِ) حَدَثًا أَصْغَرَ (ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ:

Yaitu shalat, thawaf, memegang dan membawa mushaf.

الصَّلَاةُ وَالطَّوَافُ وَمَسُّ

 الْمُصْحَفِ وَحَمْلُهُ)

Begitu juga kantong dan peti yang di dalamnya terdapat mushaf.

وَكَذَا خَرِيْطَةٌ وَصُنْدُوْقٌ فِيْهِمَا مُصْحَفٌ

Hukumnya halal membawa mushaf bersamaan dengan harta benda, yang berada di dalam kitab tafsir yang jumlahnya lebih banyak dari pada Al Qur’annya, di dalam dinar, dirham, dan cincin yang berukirkan Al Qur’an.

وَيَحِلُّ حَمْلُهُ فِيْ أَمْتِعَةٍ وَفِيْ تَفْسِيْرٍ أَكْثَرَ مِنَ الْقُرْآنِ وَفِيْ دَنَانِيْرَ وَدَرَاهِمَ وَخَوَاتِمَ نُقِّشَ عَلَى كُلٍّ مِنْهَا قُرْآنٌ

Seorang anak yang sudah tamyiz dan memiliki hadats, maka tidak dilarang menyentuh mushaf dan papan karena tujuan membaca dan belajar Al Qur’an.

 

( RUJUKAN : KITAB ALBAJURI  )




 

وَلَا يُمْنَعُ الْمُمَيِّزُ الْمُحْدِثُ مِنْ مَسِّ مُصْحَفٍ وَلَوْحٍ لِدِرَاسَةٍ وَتَعَلُّمِ قُرْآنٍ.

Pengajian Rutinitas Dayah Malikussaleh Panton Labu Kelas Iv.B Yang Di Asuh 0leh Ayah Ibnu Hajar Guru Besar Dan Ahli Fiqih Islam As Syafi'iyah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah mengenai Hari Raya Idul Fitri

MAKALAH TENTANG SISTIM EKONOMI ISLAM

POTRET IMAGENASI DIKISAHKAN OLEH APAYUS ALUE GAMPOENG TENTANG Kebangkitan Daulah Bani Abbasiyah