MARI MENGENAL SYARAT UNTUK SHALAT BERJAMAAH
MARI MENGENAL SYARAT UNTUK SHALAT BERJAMAAH
Ditulis 0leh Walid Blang Jruen matan yang berbahasa arab di ambil dari dalam kitab al bajuri 1 jilid 1 kemudian di terjemahkan dalam bahasa melayu agar bagi orang yang tidak memahami bahasa arab ,juga bagi muptadi muptadi tidak kesulitan dalam memahaminya
Sebelum kita shalat berjamaah mari kita mengenal Syarat-Syarat Berjama’ah
agar shalat jamaah yang kita lakukan sah dan mendapat fahala disisi Allah SWT,
dan menjadi syiar agama sesuai perintah rabul alamin
بِسْمِ
اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
ثُمَّ أَشَارَ الْمُصَنِّفُ لِشُرُوْطِ الْقُدْوَةِ بِقَوْلِهِ
Kemudian mushannif memberi isyarah
pada syarat-syarat bermakmum dengan perkataan beliau
,وَأَيُّ مَوْضِعٍ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ بِصَلَاةِ الْإِمَامِ فِيْهِ) أَيْ
فِي الْمَسْجِدِ (وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ (عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ
الْإِمَامِ بِمُشَاهَدَةِ الْمَأْمُوْمِ لَهُ أَوْ بِمُشَاهَدَةِ بَعْضِ الصَّفِّ
(أَجْزَأَهُ) أَيْ كَفَاهُ ذَلِكَ فِيْ صِحَّةِ الْاِقْتِدَاءِ بِهِ (مَا لَمْ
يَتَقَدَّمْ عَلَيْهِ)
Di
tempat manapun di dalam masjid seseorang melakukan shalat mengikuti imam yang
berada di dalam masjid, dan ia (yaitu makmum) mengetahui shalatnya imam dengan
langsung melihatnya atau melihat sebagian shaf, maka hal tersebut sudah cukup
di dalam sahnya bermakmum pada sang imam, selama posisinya tidak mendahului
imam.
فَإِنْ تَقَدَّمَ عَلَيْهِ بِعَقِبِهِ فِيْ
جِهَّتِهِ لَمْ تَنْعَقِدْ صَلَاتُهُ
Jika
tumit sang makmum mendahului tumit imam dalam satu arah, maka shalatnya tidak
sah.
وَلَا تَضُرُّ مُسَاوَاتُهُ لِإِمَامِهِ
Tidak
masalah jika tumitnya sejajar dengan tumit sang imam.
وَيُنْدَبُ تَخَلُّفُهُ عَنْ إِمَامِهِ
قَلِيْلًا وَلَا يَصِيْرُ بِهَذَا التَّخَلُّفِ مُنْفَرِدًا عَنِ الصَّفِّ حَتَّى
لَا يَحُوْزَ فَضِيْلَةَ الْجَمَاعَةِ
Dan
disunnahkan sang makmum mundur sedikit di belakang imam. Dan dengan posisi ini,
ia tidak dianggap keluar dari shaf sehingga akan menyebabkan ia tidak
mendapatkan keutamaan shalat berjama’ah.
وَإِنْ صَلَّى) الْإِمَامُ (فِي الْمَسْجِدِ وَالْمَأْمُوْمٌ
خَارِجَ الْمَسْجِدِ) حَالَ كَوْنِهِ (قَرِيْبًا مِنْهُ) أَيِ الْإِمَامِ بِأَنْ
لَمْ تَزِدْ مَسَافَةُ مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثِمِائَةِ ذِرَاعٍ تَقْرِيْبًا
(وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ (عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ الْإِمَامِ (وَلَا
حَائِلَ هُنَاكَ) أَيْ بَيْنَ الْإِمَامِ وَالْمَأْمُوْمِ (جَازَ) الْاِقْتِدَاءُ
بِهِ وَتُعْتَبَرُ الْمَسَافَةُ الْمَذْكُوْرَةُ مِنْ آخِرِ الْمَسْجِدِ
Dan
jika seorang imam shalat di dalam masjid sedangkan sang makmum shalat di luar
masjid, ketika keadaan sang makmum dekat dengan imam dengan artian jarak
diantara keduanya tidak lebih kira-kira dari tiga ratus zir’a’, dan makmum
mengetahui shalat imam, dan di sana tidak ada penghalang, maksudnya di antara
imam dan Makmum. Niscaya maka diperbolehkan bermakmum pada imam tersebut. Jarak tersebut terhitung dari ujung terakhir
masjid.
وَإِنْ كَانَ الْإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُ فِيْ
غَيْرِ الْمَسْجِدِ إِمَّا فَضَاءٍ أَوْ بِنَاءٍ فَالشَّرْطُ أَنْ لَا يَزِيْدَ
مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثَمِائِةِ ذِرَاعٍ وَأَنْ لَايَكُوْنَ بَيْنَهُمَا
حَائِلٌ
.
Dan
jika imam dan makmum berada di selain masjid, adakalanya tanah lapang atau
bangunan, maka syaratnya adalah jarak di antara keduanya tidak lebih dari tiga
ratus dzira’, dan diantara keduanya tidak terdapat penghalang.
وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَاب
Referensi : Kitab Albajuri
Komentar