MARI MENGENAL SYARAT UNTUK SHALAT BERJAMAAH

MARI MENGENAL SYARAT UNTUK  SHALAT BERJAMAAH

Ditulis 0leh Walid Blang Jruen matan yang berbahasa arab di ambil dari dalam kitab al bajuri 1 jilid 1 kemudian di terjemahkan dalam bahasa melayu agar bagi orang yang tidak memahami bahasa arab ,juga bagi muptadi muptadi tidak kesulitan dalam memahaminya

Sebelum kita shalat berjamaah mari kita mengenal Syarat-Syarat Berjama’ah agar shalat jamaah yang kita lakukan sah dan mendapat fahala disisi Allah SWT, dan menjadi syiar agama sesuai perintah rabul alamin

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

ثُمَّ أَشَارَ الْمُصَنِّفُ لِشُرُوْطِ الْقُدْوَةِ بِقَوْلِهِ

Kemudian mushannif memberi isyarah pada syarat-syarat bermakmum dengan perkataan beliau

,وَأَيُّ مَوْضِعٍ صَلَّى فِي الْمَسْجِدِ بِصَلَاةِ الْإِمَامِ فِيْهِ) أَيْ فِي الْمَسْجِدِ (وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ (عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ الْإِمَامِ بِمُشَاهَدَةِ الْمَأْمُوْمِ لَهُ أَوْ بِمُشَاهَدَةِ بَعْضِ الصَّفِّ (أَجْزَأَهُ) أَيْ كَفَاهُ ذَلِكَ فِيْ صِحَّةِ الْاِقْتِدَاءِ بِهِ (مَا لَمْ يَتَقَدَّمْ عَلَيْهِ)

Di tempat manapun di dalam masjid seseorang melakukan shalat mengikuti imam yang berada di dalam masjid, dan ia (yaitu makmum) mengetahui shalatnya imam dengan langsung melihatnya atau melihat sebagian shaf, maka hal tersebut sudah cukup di dalam sahnya bermakmum pada sang imam, selama posisinya tidak mendahului imam.

فَإِنْ تَقَدَّمَ عَلَيْهِ بِعَقِبِهِ فِيْ جِهَّتِهِ لَمْ تَنْعَقِدْ صَلَاتُهُ

Jika tumit sang makmum mendahului tumit imam dalam satu arah, maka shalatnya tidak sah.

وَلَا تَضُرُّ مُسَاوَاتُهُ لِإِمَامِهِ

Tidak masalah jika tumitnya sejajar dengan tumit sang imam.

وَيُنْدَبُ تَخَلُّفُهُ عَنْ إِمَامِهِ قَلِيْلًا وَلَا يَصِيْرُ بِهَذَا التَّخَلُّفِ مُنْفَرِدًا عَنِ الصَّفِّ حَتَّى لَا يَحُوْزَ فَضِيْلَةَ الْجَمَاعَةِ

Dan disunnahkan sang makmum mundur sedikit di belakang imam. Dan dengan posisi ini, ia tidak dianggap keluar dari shaf sehingga akan menyebabkan ia tidak mendapatkan keutamaan shalat berjama’ah.

وَإِنْ صَلَّى) الْإِمَامُ (فِي الْمَسْجِدِ وَالْمَأْمُوْمٌ خَارِجَ الْمَسْجِدِ) حَالَ كَوْنِهِ (قَرِيْبًا مِنْهُ) أَيِ الْإِمَامِ بِأَنْ لَمْ تَزِدْ مَسَافَةُ مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثِمِائَةِ ذِرَاعٍ تَقْرِيْبًا (وَهُوَ) أَيِ الْمَأْمُوْمُ (عَالِمٌ بِصَلَاتِهِ) أَيِ الْإِمَامِ (وَلَا حَائِلَ هُنَاكَ) أَيْ بَيْنَ الْإِمَامِ وَالْمَأْمُوْمِ (جَازَ) الْاِقْتِدَاءُ بِهِ وَتُعْتَبَرُ الْمَسَافَةُ الْمَذْكُوْرَةُ مِنْ آخِرِ الْمَسْجِدِ

Dan jika seorang imam shalat di dalam masjid sedangkan sang makmum shalat di luar masjid, ketika keadaan sang makmum dekat dengan imam dengan artian jarak diantara keduanya tidak lebih kira-kira dari tiga ratus zir’a’, dan makmum mengetahui shalat imam, dan di sana tidak ada penghalang, maksudnya di antara imam dan Makmum. Niscaya maka diperbolehkan bermakmum pada imam tersebut.  Jarak tersebut terhitung dari ujung terakhir masjid.

وَإِنْ كَانَ الْإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُ فِيْ غَيْرِ الْمَسْجِدِ إِمَّا فَضَاءٍ أَوْ بِنَاءٍ فَالشَّرْطُ أَنْ لَا يَزِيْدَ مَا بَيْنَهُمَا عَلَى ثَلَثَمِائِةِ ذِرَاعٍ وَأَنْ لَايَكُوْنَ بَيْنَهُمَا حَائِلٌ .

Dan jika imam dan makmum berada di selain masjid, adakalanya tanah lapang atau bangunan, maka syaratnya adalah jarak di antara keduanya tidak lebih dari tiga ratus dzira’, dan diantara keduanya tidak terdapat penghalang.

وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَاب

Referensi : Kitab Albajuri



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah mengenai Hari Raya Idul Fitri

MAKALAH TENTANG SISTIM EKONOMI ISLAM

POTRET IMAGENASI DIKISAHKAN OLEH APAYUS ALUE GAMPOENG TENTANG Kebangkitan Daulah Bani Abbasiyah