Benarkah Sumpah Boleh Dilanggar


BENARKAH SUMPAH BOLEH DILANGGAR

Ditulis Oleh; Waled blng jruen
mahasiswa Pascasarjana (IAIN)

(B).Polemik tentang isu keresahan dalam masyarakat yang berkembang tentang Sumpah dan melanggarnya, bagaimana hukumnya menurut ajaran Agama Islam yang sudah turun temurun di nanggroe aceh Darussalam hingga kepada kita yang saat ini sedang menjalani perdamaian setelah penandatanganan MOU HELSINKY oleh kedu belah pihak RI - GAM, Jadi tidak perlu lagi saling menggunjing karna kita mengetahui nya bahwa sumpah boleh di batalkan berdasarkan dalil dalil tentu ada penggantinya untuk menggantikan sumpah tersebut,Adapun Dalil boleh membatalkan sumpah, untuk mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi umat. Diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ فَرَأَى غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا فَلْيَأْتِهَا وَلْيُكَفِّرْ عَنْ يَمِينِهِ

Artinya;
Barangsiapa yang bersumpah, dan dia melihat yang lainnya itu lebih baik darinya, maka pilihlah yang lebih baik dan tebuslah sumpahnya.

An-Nawawi rahimahullah berkata: “Dalam hadits ini ada dalil bahwa barang siapa yang bersumpah melakukan sesuatu amalan atau meninggalkannya. Sementara melanggar itu lebih baik dari pada mengulur-ulur sumpah. Maka dia dianjurkan untuk melanggarnya dan diharuskan menebusnya (kaffarah) dan hal ini telah disepakati.
Dalil yang lainnya hadist Nabi SAW:
حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا يُونُسُ عَنْ الْحَسَنِ قَالَ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ سَمُرَةَ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ سَمُرَةَ لَا تَسْأَلْ الْإِمَارَةَ فَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ مَسْأَلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْهَا وَإِنْ أُعْطِيتَهَا عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا وَإِذَا حَلَفْتَ عَلَى يَمِينٍ فَرَأَيْتَ غَيْرَهَا خَيْرًا مِنْهَا فَأْتِ الَّذِي هُوَ خَيْرٌ وَكَفِّرْ عَنْ يَمِينِكَ
Abu Said (abdurrahman) bin samurah r.a. Berkata: rasulullah saw telah bersabda kepada saya
Artinya;
Ya Abdurrahman bin Samurah, jangan menuntut kedudukan dalam pemerintahan, karena jika kau diserahi jabatan tanpa minta, kau akan dibantu oleh Allah untuk melaksanakannya, tetapi jika dapat jabatan itu karena permintaanmu, maka akan diserahkan ke atas bahumu atau kebijaksanaanmu sendiri. Dan apabila kau telah bersumpah untuk sesuatu kemudian ternyata jika kau lakukan lainnya akan lebih baik, maka tebuslah sumpah itu dan kerjakan apa yang lebih baik itu. (Bukhari, Muslim)
(B).Penjelasan
Maka dengan penjelasan ini agar semua bansa Aceh tidak Lagi memfitnah GAM dengan kata kata sumpah yang pernah di lakukan oleh gerakan aceh merdeka dahulu sebelum perdamaian terjadi, sekarang di masa perdamaian yang sudah hampir dua puluh tahun berjalan walau se akan akan baru kemaren rasanya perdamaian Aceh, Nah sekarang yang perlu kita piker dan wajib bagi kita selaku bansa aceh penerus para syuhada syuhada yang telah lebih awal mendahului kita, kita doa kan mereka para syuhada mendapat tempat yang lebih layak menuju negeri akhirat yang kekal Abadan-abadi

(C).Langkah menuju Aceh Hebat solusinya adalah:
Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi.
Berikut ini merupakan beberapa definisi mengenai Sumber Daya Manusia:
Ø  Sumber Daya Manusia(SDM) adalah manusia yang bekerja dilingkungan suatu
organisasi (disebut juga personil, tenaga kerja, pekerjaan atau karyawan).
Ø  Sumber Daya Manusia adalah potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi
dalam mewujudkan eksistensinya.
Ø  Sumber Daya Manusia(SDM) adalah potensi yang merupakan asset dan
berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) didalam organisasi bisnis,
yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik dan non
fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi.

(D).Pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) Dengan mempelajari bagaimana pentingnya dan menangani kualitas sumber daya manusia maka akan terwujud Sumber Daya Manusia Aceh Hebat:
ü  Meningkatnya kualitas sumber daya manusia.
ü  Meningkatnya kesejahteaan masyarakat dengan perluasan lapangan kerja.
ü  Meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan pekerja
ü  Peningkatan kualitas transmigran
ü  Pemberdayaan kawasan transmigrasi sebagai pengembangan tanaman
pangan, tanaman perkebunan dan industri kecil.
ü  Pemerataan penduduk dan hasil-hasilnya
ü  Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pembangunan dalam rangka
mewujudkan masyarakat yang mandiri.
(E). Pentingnya Ilmu Agama Terhadap Ilmu Umum;
1).Di tengah arus komunikasi global yang terus meningkat dengan adanya pengembangan ilmu Umum yang dikenal dengan Ilmu Dunia pada saat ini, masi belum cukup untuk meluruskan karakter seorang Anak pada saat ini.
2). Akan tetapi,  sistem pendidikan agama bisa menjadi penyeimbang antara kekuatan intelektual dan moral generasi muda bangsa pada saat ini dan masa yang akan datang.
3). Ditambah saat ini pengaruh dunia global sangat rentan merusak moral dan karakter anak muda. Untuk itu dimasa muda mereka kita harus membekali mereka tidak hanya ilmu pengetahuan akademik saja, namun juga ilmu agama.
4). Kalau kita sebagai orang tua tidak pandai mengimbangi dan mengatur menu ilmu umum dalam kehidupan Anak anak kita, maka Tunas bangsa akan tergilas oleh ganasnya perputaran roda zaman yang saat ini.
(F). peunutop haba tabaca atawa ta meujageun
Rincoeng mepucok tampok suasa
Alat pusaka bak ureung jameun
Ngeon geuprang musoeh masa beulanda
Yoeh cok merdeka gemat keurajeun "

"Rakyat di aceh cukoep meurana
Lage umpama pade tengeuh khueng
Oeh kuneng pade ujeun pih teuka
Jiek ie raya ji bame ateung "

"Mita raseuki payah long panah
Ureung ka trauma gedeungoe tamtum
Tajak u laot takoet keu buya
Tajak lam rimba takoeut keu rimueng "

"Tabuka TV nonton acara
Taeu beurita hana le hireun
Teu tik tik mayet dum manusia
Hana le harga meu sion naleung "

"Mungken narit nyan dum haba jameun
Na tom meulinteung di keu keu mata
Nibak uroe nyoe jaroe ta linteung
Ta do'a bandum, Aceh beuseujahtra "

Pat Ranub Nyang Hana Mirah, Pat Peuneurah Nyang Hana Bajoe, Pat Tuto Nyang Hana Salah, Hana Bak Awai Teunte Na Bak Dudoe.Meunyoe Na Haba Loen Yang Salah Neupeumeu,Ah Bek Binasa Dudoe

Billahi Taufik Walhidayah ASsalamu'alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah mengenai Hari Raya Idul Fitri

MAKALAH TENTANG SISTIM EKONOMI ISLAM

POTRET IMAGENASI DIKISAHKAN OLEH APAYUS ALUE GAMPOENG TENTANG Kebangkitan Daulah Bani Abbasiyah