PANGGILAN UNTUK MENUNAIKAN HAJI ADA TIGA,BENARKAH?

PANGGILAN UNTUK MENUNAIKAN HAJI ADA TIGA,BENARKAH?,,,

Soal Jika kita di tanyai orang bahwa  kategori panggilan haji itu ada tiga:

(1). panggilan Nabi Ibrahim, 
(2). panggilan malaikat, 
(3). panggilan setan. 

Mohon dijelaskan ma’khadznya keterangan tersebut dalam kitab apa Untuk penambahan pengetahuan bersama . 

jawabbahwa:
Saya belum mendapatkan keterangan para ulama khususnya para ahli tafsir, bahwa panggilan haji yang ada sebagaimana disampaikan oleh Allah dalam al Qur’an, adalah panggilan haji Nabi Ibrahim as. Hal ini berdasarkan firman Allah (QS. Al Hajj:27).keterangan bahwa ada panggilan lain selain panggilan Nabi Ibrahim as. Bahkan,ini memang sering saya mendengarnya. belum ada Keterangan rinci yang saya dapatkan mungkin ini keterbatasan saya dalam hal mengkaji ilmu tentang  berhaji mungkin oleh gurei gurei laen dapat membahasnya kali ini kita focus pada pembahasan dalil ayat tentang pemanggilan haji sebagaimana (QS.Al Hajj:27):.

وَأَذِّنْ فِي النَّاسِ بِالْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَى كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِنْ كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Artinya:
“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh” 

Ahli tafsir, antara lain Imam al Qurthubi, dalam tafsirnya mengutip perkataan Ibnu Abbas dan Ibnu Jubair, bahwa; 

ketika Nabi Ibrahim a.s. telah selesai membangun Ka‘bah, Allah berfirman kepadanya: “Serulah manusia untuk melakukan ibadah haji, wahai Ibrahim!” 

Nabi Ibrahim as menjawab: “Ya Allah, suara saya tidak mungkin didengar oleh mereka semua”. 

Allah kembali berfirman: “Serulah, dan biarkan Aku yang akan menyampaikan seruanmu itu (kepada seluruh manusia)”.

Nabi Ibrahim as pun segera naik ke atas gunung Abu Qubais pendapat lain mengatakan naik ke atas Maqam Ibrahim, ada juga yang mengatakan ke atas Hajar Aswad, dan ada juga yang mengatakan ke atas Bukit Shafa—lalu berseru: “Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Allah telah memerintahkan kalian berhaji, mengunjungi Baitullah, untuk memberikan kepada kalian balasan surga dan menjauhkan kalian dari api neraka. Karena itu, berhajilah kalian wahai manusia!”

Maka seluruh manusia yang berada pada rusuk kaum laki laki dan rahim kaum wanita menjawabnya: “Labbaikallâhumma labbaik (aku penuhi panggilanMu ya Allah, aku penuhi panggilanMu).

Siapa yang pada saat itu menjawabnya, maka ia akan berangkat haji berdasarkan jumlah berapa kali ia menjawabnya. Jika menjawabnya satu kali, maka ia akan berhaji satu kali. Jika dua kali, maka ia akan berhaji dua kali”. 
Demikian yang disampaikan oleh para ulama berkaitan dengan panggilan melakukan ibadah haji. 

Adapun panggilan lainnya dari malaikat atau dari setan, saya belum mendapatkan keterangannya bukan berarti tidak ada cuma saya belum sampai kesana, baik dari ayat al Qur’an, hadits ataupun pendapat para ulama yang  mu’tabar, bila pun nanti ada dan mungkin dari gurei gurei laen akan saya tambah tuliskan di bawah ini, dan atas partipasnya kita ucapkan terimakasih 

 Wallâhu a’lam bissawâb. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah mengenai Hari Raya Idul Fitri

MAKALAH TENTANG SISTIM EKONOMI ISLAM

POTRET IMAGENASI DIKISAHKAN OLEH APAYUS ALUE GAMPOENG TENTANG Kebangkitan Daulah Bani Abbasiyah