ADAB SEORANG GURU
Sudah sepantasnya seorang guru dalam mengajarkan ilmunya mempunyai niat
dan tujuan untuk melindungi para muridnya dari siksa api neraka.
Sementara tugas kedua orangtua menyelamatkan anak-anaknya dari
kesengsaraan hidup di alam dunia ini. Tugas seorang guru lebih berat
daripada kedua orangtua. Bahkan, seorang guru adalah ayah yang sejati
bagi murid-muridnya. Jika seorang ayah menjadi sebab atas keberadaan
anak-anaknya pada kehidupan dunia yang fana’ ini, maka seorang guru
justru menjadi sebab bagi bekal kehidupan murid-muridnya yang kekal di
akhirat nanti.
Guru yang dimaksudkan di sini adalah guru yang mengajarkan ilmu-ilmu
tentang akhirat (ukhrawi), atau ilmu-ilmu tentang dunia (duniawi) dengan
tujuan keabadian negeri akhirat. Seorang guru dinilai membinasakan diri
sendiri dan juga murid-muridnya jika ia mengajar hanya demi kepentingan
dunia ini semata. Maka tentu untuk mencapai ini semua dibutuhkan adab
bukan hanya dari murid saja, tetapi juga dari seorang guru.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru:
1. Bersuci dari hadats besar atau kecil.
2. BerSuci dari kotoran walau bukan najis.
3. Memakai thib (wewangian).
4. Memakai pakaian yang paling nagus, yang layak menurut penduduk zamannya.
5. Semuanya diniatkan untuk membesarkan ilmu dan syari'at.
Dikisahkan bahwa Imam malik ketika datang manusia untuk meminta hadis,
beliau mandi, memakai wangi-wangian, memakai pakaian bagus dan
meletakkan ridak di atas kepala kemudian duduk di atas semacam pelaminan
(tmpat yang tinggi) dan senantiasa mengasapi ruangan dengan
wangi-wangian dan beliau berkata "aku mencintai untuk mengagungkan hadis
rasulullah", kemudian beliau salat istikharah (jika bukan dalam waktu
makruh).
(Nb. Melakukan seperti yang dilakukan imam malik Harus betul-betul
dengan niat yang lurus. kalo tidak jangan, karna syaithan punya banyak
cara untuk menyesatkan)
6. Berniat nasyrul ilmi, mengajarkan ilmu, menyiarkan faedah-faedah
syara', menambah ilmu, menampakkan kebenaran, mengembalikan yang haq,
berkumpul dalam zikir allah, meniatkan keselamatan kepada
saudara-saudaranya dan berdoa bagi pendahulu yang shalihin.
7. bila keluar rumah berdoa dengan doa
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ
أَضِلِّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أُزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ
أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ، عز جارك وجل ثناؤك ولا إله
غيرك ثم يقول: بسم الله وبالله، حسبي الله توكلت على الله، لا حول ولا قوة
إلا بالله العلي العظيم اللهم اثبت جناني وأدر الحق على لساني.
" ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu daripada bahwa aku
sesat atau disesatkan dan daripada bahwa aku menzalimi atau dizalimi
dan daripada berbuat bodoh atau dibodohi. maha mulia perlindungan dan
sanjungan engkau dan tidak ada tuhan selain engkau. Bismillah cukup
bagiku allah, Teguhkan hatiku dan tampakkan kebenaran atas lidahku "
Dan terus mengingat allah sampai ketempat pengajian. Bila sudah sampai,
memberi salam bagi yang hadir dan salat 2 raka'at , jika dalam masjid
maka mutlak sunnah. Kemudian berdo'a memohon taufiq, i'anah
pemeliharaan, duduk menghadap kiblat jika mungkin dengan penuh hormat,
tenang dan tawadhuk dengan duduk bersila dsb daripada duduk yang tidak
dimakruhkan dari segala bentuk duduk.
Jangan duduk iq'ak (memeluk lutut) dan jangan duduk seperti orang yang
bersiap untuk bangun dan jangan mengangkat salah satu kaki diatas yang
kaki yang lain. Dan tidak menjulur kaki tanpa ozor dan jangan meletakkan
tangan di pinggang atau belakang punggung dan menjaga badan dripada
merangkak dan pindah dari tempatnya.
Dan menjaga dua tangan dari bermain main. Dan jangan menyilangkan jari
tangan dan mnjaga mata dari mengitarkan pandangan tanpa hajat.
Dan menghindari banyak senda gurau dan banyak tawa krna banyak tawa
mengurangi wibawa dan kehormatan. sebagaiamana kata orang "siapa
bercannda, akan diremehkan, dan siapa memperbanyak sesuatu akan dikenal
dengan sesuatu tersebut".
Dan jangan mengajar ketika lapar dan haus, susah, marah, ngantuk, cemas,
dingin yang bersangatan, dan panas yang menggaggu. Karena tidak mungkin
memaksimalkan fikiran.
Wallahu a'lam bisshawab.......
الفصل الثاني
في آداب العالم في درسه
وفيه اثنا عشر نوعًا:
الأول: إذا عزم على مجلس التدريس تطهر من الحدث والخبث وتنظف وتطيب ولبس
من أحسن ثيابه اللائقة به بين أهل زمانه قاصدًا بذلك تعظيم العلم وتبجيل
الشريعة.
كان مالك رضي الله عنه إذا جاءه الناس لطلب الحديث اغتسل وتطيب ولبس
ثيابًا جددًا ووضع رداءه على رأسه ثم يجلس على منصة ولا يزال يبخر بالعود
حتى يفرغ، وقال: أحب أن أعظم حديث رسول الله - صلى الله عليه وسلم -.
ثم يصلي ركعتي الاستخارة إن لم يكن وقت كراهة وينوي نشر العلم وتعليمه
وبث الفوائد الشرعية وتبليغ أحكام الله تعالى التي اؤتمن عليها وأمر
ببيانها والازدياد من العلم وإظهار الصواب والرجوع إلى الحق والاجتماع على
ذكر الله تعالى والسلام على إخوانه من المسلمين والدعاء للمسلمين وللسلف
الصالحين.
الثاني: إذا خرج من بيته دعا بالدعاء الصحيح عن النبي - صلى الله عليه
وسلم - وهو: اللهم إني أعوذ بك أن أضل أو أضل، أو أزل أو أزل، أو أظلم أو
أظلم، أو أجهل أو يجهل علي، عز جارك وجل ثناؤك ولا إله غيرك ثم يقول: بسم
الله وبالله، حسبي الله توكلت على الله، لا حول ولا قوة إلا بالله العلي
العظيم اللهم اثبت جناني وأدر الحق على لساني.
ويديم ذكر الله تعالى إلى أن يصل إلى مجلس التدريس فإذا وصل إليه سلم
على من حضر وصلى ركعتين إن لم يكن وقت كراهة فإن كان مسجدًا تأكدت الصلاة
مطلقًا، ثم يدعو الله تعالى بالتوفيق والإعانة والعصمة.
ويجلس مستقبل القبلة إن أمكن بوقار وسكينة وتواضع وخشوع متربعًا أو غير
ذلك مما لم يكره من الجلسات، ولا يجلس مقعيًا ولا مستوفزًا ولا رافعًا إحدى
رجليه على الأخرى، ولا مادًا رجليه أو إحداهما من غير عذر، ولا متكئًا على
يده إلى جنبه وراء ظهره.
وليصن بدنه عن الزحف والتنقل عن مكانه ويديه عن العبث والتشبيك بها،
وعينيه عن تفريق النظر من غير حاجة، ويتقي المزاح وكثرة الضحك فإنه يقلل
الهيبة ويسقط الحشمة كما قيل: من مزح استخف به ومن أكثر من شيء عرف به.
ولا يدرس في وقت جوعه أو عطشه أو همه أو غضبه أو نعاسه أو قلقه، ولا في
حال برده المؤلم وحره المزعج؛ فربما أجاب أو أفتى بغير الصواب، ولأنه لا
يتمكن مع ذلك من استيفاء النظر.
تَذْكِرَةُ السَّامِعِ والمُتَكَلِّم في أَدَب العَالِم والمُتَعَلِّم
للشيخ العالم بدر الدين أبو عبد الله
محمد بن إبراهيم بن سعد الله
ابن جماعة الكناني
Komentar