Enam Peristiwa Luar Biasa pada Bulan Ra'jab

Enam Peristiwa Luar Biasa pada Bulan Ra'jab

WALED.jpg
Di Tulis Oled; Waled Blang Jruen
Alumni Dayah Malikussaleh
Alumni Stie Bumi Persada
Ketum Darul Ma'arif
Bulan Rajab merupakan bulan ke tujuh dan salah satu bulan suci yang ada pada kalender Islam. Rajab juga merupakan bulan yang penuh rahmat dan kemuliaan, serta peperangan sangat diharamkan pada bulan ini.
  1. Isra’ Mi’raj
    Isra` adalah perjalanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis (Palestina), berdasarkan firman Allah :
    سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى
    “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha “ (Al Isra’:1)
    Mi’raj secara bahasa adalah suatu alat yang dipakai untuk naik. Adapun secara istilah, Mi’raj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk naik dari bumi menuju ke atas langit, berdasarkan firman Allah dalam surat An Najm ayat 1-18.[1]
    Isra’ Mi’raj merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW. Isra' Mi'raj merupakan perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah kelangit, yang diawali dengan berangkatnya beliau bersama malaikat Jibril dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Kemudian beliau dinaikkan ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi dilangit. Selama perjalanan ke sana, nabi melihat surga dan neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.
  2. Allah SWT mewajibkan sholat lima waktu
    Pada peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan sholat lima waktu untuk pertam kalinya. Sholat merupakan untaian doa yang dilakukan dalam mencapai ketenangan hati dan jiwa serta menyeimbangkan antara kehidupan di dunia dan akhirat.
  3. Perang tabuk
    Pada bulan Rajab Rasulullah SAW memenangi perang tabuk antara tentara Romawi yang terjadi 9 Hijriyah atau 630 m. Ketika perang tersebut pasukan muslim terdiri dari 30 ribu orang dan menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Karena banyaknya tentara Muslim Bangsa Romawi mundur. Dengan begitu umat Muslim dapat memenangi perang tabuk.
  4. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina
    Penaklukan Salahuddin al Ayyubi di Alquds terjadi pada tanggal 2 oktober 1186 bertepatan dengan 27 Rajab tahun 583 H. Salahuddin berhasil mengalahkan pasukan salib yang menduduki tanah suci selama berpuluh tahun. Atas bantuan dari Allah SWT, Salahuddin dan tentara muslim dapat mengambil kembali kota suci yaitu Baitul Maqdis.
  5. Berakhirnya masa kekhalifahan
    Selain peristiwa di atas, pada bulan Rajab semua ke khalifahan dimuka bumi ini berakhir. Tepatnya pada tanggal 28 Rajab tahun 1342 M. Hal ini ditandai dengan jatuh dan berakhirnya pemerintahan Ottaman yang berada di Turki. Hal ini dikarenakan Presiden Mustafa Kemal Attaturk menghapus semua syariah Islam dan mengganti hukum-hukum Islam dengan paham hukum barat. Serta menetapkan paham sekuler pada negara tersebut.
  6. Bulan untuk Menyambut Ramadhan
    Bulan Ramadhan adalah waktu yang paling dinanti kaum Muslim. Setiap hari menuju bulan suci ini terasa istimewa. Rajab jatuh dua bulan sebelum Ramadhan. Setiap kali memasuki Rajab, umat Muslim bersuka cita karena itu berarti Ramadhan akan segera tiba.
    Malam pertama di Bulan Rajab memang malam yang sangat spesial jika dibanding malam-malam lainnya. Meski momen itu di tahun ini sudah berlalu, bukan berarti sudah terlambat bagi kita yang tidak tahu keistimewaannya untuk mulai beribadah. Masih ada bebetapa hari lagi untuk banyak meminta ampunan dan memperbanyak amal ibadah.
Wallahu a'lam bissawab ,bila ada kekeliruan atau kejanggalan bisa di perbaiki ulang demi kemeslahatan umat islam ,semoga ALLAH selalu memberi Taufik dan hidayah nya kepada kita semua amin yarabbal alamin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah mengenai Hari Raya Idul Fitri

MAKALAH TENTANG SISTIM EKONOMI ISLAM

POTRET IMAGENASI DIKISAHKAN OLEH APAYUS ALUE GAMPOENG TENTANG Kebangkitan Daulah Bani Abbasiyah